· Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan
efisiensi dalam proses pencarian, namum dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan(completeness).
· Fungsi heuristic digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan
problema individual dan menentukan seberapa
jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.
· Jenis-jenisHeuristic Searching:
§ -Generate
and Test.
§ - Hill
Climbing.
§ -Best
First Search.
§ -Alpha
Beta Prunning,Means-End-Anlysis,ConstraintSatisfaction, Simulated Annealing,
dll.
Pembangkitan dan Pengujian (Generate and Test)
Metode ini merupakan penggabungan
antara depth-first search dengan pelacakan mundur (backtracking), yaitu
bergerak kebelakang menuju pada suatu ke adaan awal.
Algoritma:
1. Bangkitkan
suatu kemungkinan solusi (membangkitkan suatu tititk tertentu atau lintasan
tertentu dari keadaan awal).
2. Uji
untuk melihat apakah node tersebut benar-benar merupakan solusinya dengan cara
membandingkan node terebut atau node akhir dari suatu lintasan yang dipilih
dengan kumpulan tujuan yang diharapkan.
3. Jika
solusi ditemukan, keluar. Jikatidak, ulangi kembali langkah pertama.
Contoh : “Travelling Salesman
Problem (TSP)”.Seorang salesman ingin mengunjungi n kota. Jarak antara tiap-tiap
kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui ruter terpendek dimana setaip kota
hanya boleh dikunjungi tepat 1 kali. Misalkan ada 4 kota dengan jarak antara
tiap-tiap kota seperti berikut ini :Pencarianke-Lintasan-PanjangLintasan-LintasanTerpilih-PanjangLintasanTerpilih
ReduksiMasalah
·
Kebanyakan solusi menggunakan pohon OR, dimana
lintasan dari awa lsampai tujuan tidak terletak pada satu cabang.
·
Bila lintasan dari keadaan awal sampai tujuan
dapat terletak pada satu cabang, maka kita akan dapat menemukan tujuan lebih
cepat.
·
Graf AND-OR
·
Graf AO*
A.
Graf AND-OR
·
Pada dasarnya sama dengan algoritma Best First
Search, dengan mempertimbangkan adanya arc AND.
·
Gambar berikut menunjukkan bahwa untuk
mendapatkan TV orang bisa dengan cara singkat yaitu mencuri atau membeli asal
mempunyai uang.
·
Untuk mendeskripsikan algoritma, digunakan nilai
F_UTILITY untuk biaya solusi Goal.
B.
AlgoritmaAND-OR
1. Inisialisasi
graf ke node awal.
2. Kerjakan
langkah2 berikut hingga node awal SOLVED atau sampai biayanya lebih tinggi dari
F_UTILITY :
·
Telusuri graf mulai dari node awal dan ikuti
jalur terbaik. Akumulasikan kumpulan node yang ada pada lintasan tsb. dan belum
pernah diekspansi atau diberilabel SOLVED.
·
Ambil satu node dan ekspansi node tsb. Jika
tidak ada successor maka set F_UTILITY sebaga i nilai dari node tsb. Bila tidak
demikian, tambahkans uccessor dari node tsb ke graf dan hitung nilai setiap
f’(hanya gunakan h’dan abaikang). Jika f’=0 tandai node tsb dengan SOLVED.
·
Ubah f’ harapan dari node baru yang diekspansi.
Kirim kan perubahan ini secara backward sepanjang graf. Jika node berisi suatu
arc successor yang semua descendantnya berlabel SOLVED maka tandai node
itudenganSOLVED.
Pencarian Terbaik Pertama (Best-First Search)
Metode ini merupakan kombinasi
dari metode depth-first search dan breadth-first search. Pada metodebest-first
search, pencarian diperbolehkan mengunjungi node yang ada dilevel yang lebih
rendah, jika ternyat anode pada level yang lebih tinggi ternyata memiliki nilai
heuristic yang lebih buruk.
Fungsi Heuristikyang
digunakanmerupakanprakiraan(estimasi) cost dariinitial statekegoal state, yang
dinyatakandengan:
f’(n) = g(n) + h’(n)
dimanaf’= Fungsievaluasi
g = cost dariinitial
statekecurrent state
h’= prakiraancost daricurrent
stateke
goal state
https://aiukswkelasgkelompok7.wordpress.com/metode-pencarian-dan-pelacakan/
hendrik.staff.gunadarma.ac.id/.../teknik-pencarian-heuristik.pdf
0 comments:
Posting Komentar